06/10/11

Visi dan Misi Burial

VISI
Pembentukan dan pengembangan sumber daya manusia sangat ideal dilaksanakan melalui metode pendidikan dasar dan pelatihan dengan aktivitas di alam terbuka yang merupakan potensi besar untuk dikembangkan.

MISI
  1. Menciptakan sumber daya manusia yang mampu mangatasi rintangan dan permasalahan.
  2. Menciptakan pendaki gunung yang berjiwa sosial, bermoral, berkepribadian, dan berkualitas.
  3. Regenerasi anggota untuk menjalankan organisasi anggota.
  4. Membentuk anggota yang disiplin, loyalitas, dan kebersamaan dalam kehidupan.
Sejarah Terbentuknya BURIAL

Latar Belakang berdirinya organisasi BURIAL adalah keinginan para siswa untuk memiliki sebuah organisasi yang dapat menyalurkan hobby mereka dalam pendakian gunung dan keinginan seorang guru untuk membuat organisasi penggiat alam bebas yang bertujuan bukan hanya menjadi organisasi pendaki gunung biasa melainkan juga dapat bermanfaat dalam masyarakat untuk menyelamatkan orang – orang yang membutuhkan pertolongan.
Dan dengan menerapkan system yang tidak seperti biasa di lakukuan dalam sebuah organisasi di sekolah pada umumnya, yang apabila seorang pelajar mengikuti sebuah organisasi di sekolah apabila dia telah lulus dari sekolah tersebut maka diapun terlepas dari organisasi tersebut. Akan tetapi di organisasi ini apabila seorang pelajar sudah menjadi anggota maka selamanya dia akan menjadi anggota dan tidak ada seorangpun yang bisa menggatikan nomor anggota yang telah di pakai oleh anggota terdahulu.
Maka pada tanggal 26 januari 2005 dibentuklah organisasi Perhimpunan Pendaki Gunung dan PEnempuh Rimba yang bernama BURIAL ( Budak Rimba dan Alam ) yang diambil dari bahasa sunda yang berfilosopi seperti mata air ngaBURIAL yang berarti mata air kecil namun tidak akan pernah berhenti mengalir.



Tahap ke Anggotaan BURIAL

a.       Pra diklatsar ( PRADIK ) yang di laksanakan selama ± 5 bulan yang dilaksanakan di sekolah.
b.      Pendidikan dan Latihan Dasar  ( DIKLATSAR ) selama 7 hari.
c.       Masa bimbingan ( MABIM ) yang dilaksanakan selama ± 2 bulan yang dilaksanakan di sekolah.
d.      Pengembaraan ( SEASON ) Pendakian Gunung yang dituju dengan Manajement Perjalanan & ditentukan oleh DP.
e.       Sidang Akhir sebagai suatu proses akhir untuk mendapat nomor anggota atau NR (Nomor Registrasi).

SEKILAS LINTAS TENTANG BURIAL

            Burial adalah Perhimpunan Pendaki Gunung dan Penempuh Rimba yang didirikan pada tanggal 26 Januari 2005. Sejak kelahirannya sampai sekarang  BURIAL terlibat aktif dalam berbagai operasi SAR baik SAR Gunung hutan ataupun SAR air.
Hakekat Perhimpunan Pendaki Gunung BURIAL ialah untuk mencetak manusia-manusia mandiri yang berprestasi atas kemampuan diri sendiri. Berusaha untuk tidak berlindung pada lembaga atau individu tertentu untuk mendongkrak prestasi diri atau organisasi, hal ini dimaksudkan agar dapat mengukur kemampuan yang sebenarnya dan menghindar dari kebanggaan yang semu.
Pada akhirnya semangat kemandirian serta sikap mental yang diperoleh anggotanya baik dari organisasi maupun aktifitas-aktifitas di alam bebas menjadi modal dalam kehidupan
bermasyarakat.

UNTUK APA MENJADI PENDAKI GUNUNG

            Ada dua manfaat besar kamu peroleh bila menjadi kan alam bebas sebagai sarana aktifitasmu. Pertama sebagai penyaluran aktualisasi yang positif, terarah, terorganisir dan dapat dipertanggung jawabkan. Kedua  dunia pendaki gunung memang penuh tantangan, justru itu menuntut kita untuk penuh perhitungan, pandai mengorganisir, terbiasa dengan perencanaan yang matang, mengasah daya juang, terampil dalam bekerja sama dalam sebuah tim dan dituntut untuk selalu memiliki sarana yang jelas, mandiri, berani serta penuh bijaksana dalam memanfaatkan alam. Semua itu adalah sikap mental positif membentuk karakter yang diperlukan untuk dunia keseharianmu bahkan sepanjang hidupmu. Yakinkan kamu memiliki semangat Pendaki Gunung.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini .

Visitor

free counters